Rabu, 09 Juli 2014

Resiko dan Penyebab kanker hati

Resiko dan Penyebab

Liver CancerTiga faktor penyebab utama kanker hati adalah status sebagai pembawa hepatitis-B, infeksi hepatitis-C dan penyakit hati alkoholik. Penyebab lainnya yang lebih langka terjadi adalah racun (aflatoksin) dari jamur yang tumbuh dalam makanan yang diawetkan secara buruk (terutama biji-bijian), kondisi kongenital (kekurangan alfa-1 anti-tripsin), dan setiap penyebab pengerasan hati atau sirosis (misalnya haemakromatosis).

Resiko individu dengan hepatitis-B atau C mengalami kanker hati adalah 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan individu normal. Pola perkembangan kanker hati di seluruh dunia berhubungan erat dengan pola infeksi hepatitis B dan C.  Di negara-negara di mana imunisasi untuk hepatitis-B telah dimulai, jumlah kanker hati dalam setahun juga turun seiring dengan penurunan jumlah kasus hepatitis-B.

Hepatitis-B dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya semasa kehamilan. Pada orang dewasa, hepatitis-B dan C dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, misalnya air liur, darah, sperma dan sekresi lainnya. Transfusi darah tidak lagi menjadi faktor resiko karena metode skrining yang memadai di Singapura.

Alkohol adalah penyebab utama untuk kanker hati pada populasi Barat. Hati rusak oleh penyalahgunaan alkohol berulang kali dan berlebihan yang mengakibatkan pengerasan hati (sirosis) dan perubahan kanker.

sumber:

http://ohati.wordpress.com/2014/07/09/obat-kanker-hati/

http://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas-Referral/bh/Conditions/Pages/liver-cancer.aspx

Judul: Resiko dan Penyebab kanker hati; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar